Ada stok unti kelapa di freezer, sekali kali bikin jajanan pasar deh. Kue ini banyak namanya lho, ada yang bilang kue mendut, putri mandi, bugis mandi, ada juga yang bilang kue olok-olok. Kalo di daerah kalian namanya apa? Tadi ini aku bikin 1/2 resep, hasilnya 32 pcs tapi size mini ya sekecil nastar.


KUE BUGIS MANDI / PUTRI MANDI

Bahan Kulit :
- tepung beras RoseBrand @rosekuliner 30 gr (aku 15)
- tepung ketan putih RoseBrand 300 gr (aku 150)
- air jus pandan 300 ml (aku air biasa 110 ml + santan instant 20 ml, total 130 ml)
- garam 1/2 sdt
- essence pandan / pewarna makanan secukupnya

Bahan isian :
- unti kelapa gula merah secukupnya

Bahan Vla / Kuah Santan :
- santan instant 200 ml (aku 100)
- garam 1/2 sdt
- air 300 ml (aku 150)
- daun pandan ikat simpul 1-2 lbr (aku 1)
- tepung maizena 20 gr (aku 10)
- tambahanku : gula pasir 2-3 sdm karena aku suka agak manis, dan vanili bubuk sedikit aja

Step :
- campur semua bahan kulit, uleni sampe menyatu & bisa dipulung dgn tangan (note : jangan langsung masukkan airnya semua.. tapi sedikit” ya kalo dirasa udah cukup, air tidak usah dipakai semua, takut kelembekan)
- bagi adonan sesuai selera kalian & beri essence/ pewarna, uleni sampe warnanya merata
- ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dgn unti kelapa.. lalu bulatkan & tata di loyang yg sudah dioles minyak sayur, lakukan sampe habis semuanya ya.. tips : beri sedikit minyak juga ditangan kalian, dijamin saat memulung tidak akan lengket adonannya👍🏻
- kukus bugis selama 15 menit, jgn lupa kukusan wajib dipanaskan dulu

Step Vla Santan : campur semua bahan vla jadi satu di panci, masak dgn api kecil / sedang sambil wajib terus diaduk (jgn ditinggal ya) , masak sampe meletup” dan mengental. Siap disajikan dengan bugisnya👍🏻 enjoy!



Untuk update terbaru tentang makanan
cek sosial media kami yaa :

. Nakam Terus .

Kerjasama dengan kami?
WA kami : 0858 5458 1175 /  EMAIL ke : emailtyean@gmail.com